Thursday, May 28, 2009

DNA, Penentu Sifat dan Fitur Mahluk Hidup

Your Ad Here

Apakah Kamu pernah melihat berita-berita investigasi yang menyebut-nyebut kata DNA? Reporter berita tersebut biasanya akan menceritakan penemuan DNA pada sebuah kasus kriminal, untuk mencari pelaku kejahatan yang sebenarnya.

Siapa sih, DNA ini? Informasi tentang DNA tampak penting, apa yang terkandung dalam DNA?

DNA deoxyribonucleic acid adalah substansi dasar penyusun gen. Semua mahluk hidup memiliki gen. Hewan memiliki gen. Tumbuhan memiliki gen. Kamu memiliki gen.

Gen adalah unit dasar hereditas. Uh, apa pula hereditas ini? Hereditas berarti karakteristik yang diwariskan oleh orangtua kita. Kita menerima gen dari orangtua, separuh dari Ibu, separuh dari Ayah.

Gen adalah sejenis kode. Sebuah gen pohon akan menunjukkan bagaimana bentuk daunnya. Sebuah gen kucing akan menunjukkan warna bulunya. Gen yang kita miliki akan menunjukkan warna bola mata kita, warna rambut kita, dan sebagainya. Semua informasi yang ada dalam diri kita berasal dari kode yang terdapat dalam gen.


Gen terdapat pada untaian rantai yang disebut dengan kromosom dalam sel. Bagian yang berbeda dari tubuh kita berarti disusun atas sel yang berbeda pula. Seorang biarawan Austria, Gregor Mendel, dahulu menemukan sifat-sifat kacang polong yang berbeda dari tanaman induknya. Kemudian ia melakukan eksperimen sekitar tahun 1860-an, dan ia menemukan bahwa terdapat perbedaan tinggi pohon dan ciri kacang polong yang dihasilkan. Ia menyatakan bahwa perbedaan ciri ini diturunkan oleh unit hereditas yang diturunkan oleh parental (pohon induk). Unit inilah yang disebut sebagai gen kemudian.

Pada pertengahan tahun 1900-an, para ilmuwan menemukan bahwa gen terdiri atas DNA. DNA inilah yang menentukan semua cirri dan fitur yang terdapat pada mahluk hidup, seperti warna bola mata, pola sayap kupu-kupu, warna kelopak bunga.
Kelainan genetik akan disebabkan oleh kromosom yang tidak normal.

Sel sabit anemia adalah salah satu kelainan genetik yang lain. Gen yang tidak sempurna akan menyebabkan sel darah menjadi berbentuk bulan sabit.

Keanehan ini akan menyebabkan sulitnya transportasi untuk mengangkut Oksigen ke seluruh tubuh.

0 comments:

Post a Comment

 

Followers

Recommended Gadget

  • ads
  • ads
  • ads
  • ads

Costumize Your Own Copyright © 2009 Gadget Blog is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal